Kelebihan Kekurangan Uang Online (Cashless)

Cashless

Zaman serba online ini Indonesia tengah diserang oleh beberapa jenis dompet digital. Promosi yang menarik serta tanpa henti jadi daya tarik buat warga kita untuk memakai dompet digital atau dompet elektronik ini untuk bertransaksi atau lakukan pembayaran.

Coba saja saat ini anda cek di gadget anda, ada berapakah dompet digital yang anda punya? Minimum tentu ada dompet digital yang anda punya. Dompet digital pasti memberi dukungan usaha pemerintah dalam menggerakkan Pergerakan Nasional Non Tunai atau cashless untuk skema transaksi atau pembayaran, dimana sekarang skema pembayaran yang umum dipakai memakai QR Payment.

QR payment ialah skema pembayaran yang memakai satu barcode atau QR (Quick Response) Code yang akan discan tiap akan lakukan transaksi pembayaran.

Pemakaian QR Code ini makin diketahui warga saat satu diantara startup aplikasi kendaraan online memberi potongan harga besar untuk tiap pembelian makanan atau barang memakai sarana dompet digitalnya pada tiap merchant yang sudah bekerja bersama. Kehadiran QR Payment ini juga dapat disebutkan lebih efektif serta praktis.

Dompet digital atau dompet elektronik ini sebenarnya adalah uang elektronik berbasiskan server (server based). Umumnya, uang elektronik type ini bisa digunakan oleh pemakainya berbentuk aplikasi. Tidak hanya berbasiskan server, ada juga uang elektronik berbasiskan chip (chip based).

Bentuk uang elektronik ini biasanya berupa kartu. Nah pasti ada telah terbayangkan mana yang aplikasi, mana yang memakai kartu.

Jadi penambahan info jika per 24 Mei 2019 ada 37 produk uang elektronik server based yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia, diantaranya MYNT E-Money, Sakuku, Rekening Hp, Jakarta One (JakOne), Mandiri e-cash, Mega Virtual, UnikQu, Nobu e-Money, BBM Money, T bank, FinnChannel, PayPro (d/h Dompetku), DokuPay, Skye Mobile Money, Flexy Kontan, T-Cash, XL Tunai, Uangku, Gopay, Truemoney, Dana (d/h Unik), Dooet, Gudang Voucher, Speed Kontan, OVO Kontan, iSaku, Paytren, KasPro (d/h PayU), Bluepay Kontan, Ezeelink, M-Bayar, DUWIT, SHOPEEPAY, Simas E-Money, OttoCash, LinkAja, serta Zipay.

Pasti dengan adanya banyak dompet elektronik yang ada sekarang, transaksi yang berlangsung makin bertambah. Ini kelihatan dari satu laporan oleh perusahaan analisa serta penasihat yang berbasiskan di India, RedSeer, tunjukkan jika Dompet digital ialah fragmen FinTech yang tumbuh cepat sekali di Indonesia sebab pada tahun 2018 lalu, pasar dompet digital di Indonesia sampai US$ 1,5 miliar (Rp 21 triliun).

Wow, mengagumkan kan? karena itu dengan adanya banyak dompet digital yang ada sekarang, apa ini memberikan keuntungan kita dari bagian pengendalian finansial atau nyatanya makin membuat kita terjerat dengan pola hidup yang konsumerisme?

Tulisan kesempatan ini akan coba membedah kelebihan serta kekurangan dari kehadiran dompet digital, jadi yakinkan anda menyimaknya.

Kelebihan menggunakan dompet digital jadi alat pembayaran

- Telah eranya cashless

Siapa antara kita tidak memegang handphone? Hampir diyakinkan kita memakai handphone serta kita sudah meng-install minimum satu aplikasi untuk pembayaran.

Tidak bisa disangkal jika kita seringkali lakukan pembayaran, entahlah untuk belanjaan online, beli ticket tonton, pesan makanan bahkan juga sampai bayar tagihan listrik atau air, yang penting ada koneksi internet karena itu semua keperluan transaksi pembayaran dapat teratasi dengan gampang tak perlu anda keluarkan uang dengan fisik. 

Ya semua pembayaran barusan betul-betul berlangsung memakai gadget anda, yang berarti anda betul-betul telah cashless serta telah jadi rutinitas anda. Menyenangkan bukan.

- Praktis serta Efektif

Seperti telah disinggung pada awal tulisan barusan, jika sekarang banyak dompet digital yang tersebar, serta mungkin awalannya cuma kita pakai untuk ojek online saja dan pesan makanan, tetapi sekarang sebagian besar dompet digital bisa membayar semua kepentingan.

Kita tak perlu antre untuk pesan ticket bioskop, kita tak perlu antre untuk bayar listrik serta membayar telephone tiap bulan, bahkan juga kita tak perlu antre untuk membayar BPJS. Jika dahulu seringkali kita mengantre di ATM untuk membayar ini-itu tiap bulannya, saat ini anda cukup terhubung dompet digital lewat gadget anda, serta tagihan dapat terbayar secara cepat dan gampang.

Praktis kan? Di artikel selanjutnya akan kita ulas sambungan untung rugi apalagi yang dapat kita alami dengan memakai dompet digital.

No comments:

Powered by Blogger.