Pengertian, Fungsi dan Jenis Printer yang Sering Digunakan Saat ini

Epson L1110

Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Ada banyak merk printer yang ada saat ini, namun yang paling terkenal tentunya merk epson dengan produk barunya yaitu Epson L1110 yang memiliki kecepatan printing yang mumpuni.

Fungsi printer yang paling utama adalah sebagai perangkat pencetak data digital yang telah diproses oleh komputer, walaupun untuk saat ini telah banyak perkembangan teknologinya, sehingga fungsi printer tidak lagi sebagai mesin cetak, tetapi juga dapat digunakan untuk menscan dan juga dapat digunakan sebagai mesin fotocopy.

Biasanya printer sendiri terdapat di kantor, sekolah, dan orang-orang yang memiliki keperluan mencetak. Namun apakah kamu sudah tau, bahwa printer sendiri memiliki beberapa jenis dan cara kerja dari masing-masing printer tersebut ternyata berbeda. Berikut ini beberapa jenis printer yang perlu kamu tau.

Printer Dot Matrix
Pada jenis printer Dot-Matrix kamu akan menemukan beberapa jarum yang terdapat dalam sebuah panel yang nanti membentur sebuah pita, sehingga akan menghasilkan titik – titik yang saling terhubung dan membentuk text pada media kertasnya. Jenis printer ini banyak kamu komputer temukan di meja kasir toko atau supermarket.

Printer Inkjet
Jenis printer Inkjet ini memiliki teknologi yang disebut dengan teknologi dor on demand yang merupakan teknologi yang menghasilkan titik – titik kecil lewat semprotan tinta dari nozzle. Printer jenis ini banyak kamu temukan di intansi – intansi dan rumahan.

Printer Laser
Printer jenis Laser bisa dibilang merupakan salah satu printer yang cukup modern karena menggunakan teknologi laser untuk mencetak gambar dan tulisan. Tinta yang digunakan di Printer LaserJet ini berbentuk bubuk dan juga bekerja lebih cepat dari printer InkJet.

Jenis printer laser ini menggunakan teknologi laser yang berfungsi untuk menyinari drum toner untuk menghasilkan titik – titik yang membentuk text atau gambar pada media kertas. keunggulan dari jenis printer yang satu ini yaitu dari segi kecepatan dan kualitas cetakan yang lebih bagus dari jenis printer lainnya.

Printer Thermal
Jenis printer thermal ini menggunakan sistem pemanas elektronik yang digunakan untuk mengaktifkan tinta yang ada pada roll karet. Biasanya jenis printer ini dibutuhkan untuk mencetak data secara cepat, seperti laporan transaksi, nota pembelian, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jenis printer thermal banyak kamu jumpai di meja kasir supermarket dan bank.

Printer 3D
printer 3D cara kerjanya hampir sama dengan printer Inkjet bedanya hanya tinta yang digunakan untuk mencetak menggunakan jenis plastic molten wax. Printer 3D menggunakan teknologi additive manufacturing yang bisa membuat layer – layer hingga membentuk objek 3D dan bukan membuang material seperti halnya mesin cutting.

Printer jenis ini memang tidak digunakan untuk mencetak gambar dan dokumen. Namun Printer 3D memiliki kemampuan untuk mencetak model tiga dimensi yang sudah terlebih dahulu di program di komputer. 

Printer 3D menggunakan plastik berwarna sebagai bahan untuk membuat model tiga dimensi tersebut. Saat ini banyak barang yang bisa diciptakan dengan menggunakan printer 3D.

Printer Multifungsi
Pada dasarnya printer multifungsi ini sama dengan printer Inkjet, namun terdapat beberapa fitur lain yang diaplikasikan pada mesin printer ini. Salah satunya seperti scanner, fax, telephone, kartu jaringan dan lain sebagainya. Sehingga printer ini mempu mengerjakan banyak hal seperti Foto Copy, Cetak, Scan, Faximile dan lain sebagainya.

No comments:

Powered by Blogger.