Gejala Umum Esofagitis, Kenali Sebelum Jadi Lebih Parah

Apakah anda mempunyai riwayat penyakit esofagitis ? jika memang iya, sebelum anda melakukan pengobatan, and harus memahami terlebih dahulu bagaimana ciri – ciri atau gejala umum dari penyakit tersebut.

Esofagitis
spillednews.com

Tidak terlalu sulit untuk anda mengetahui bagaimana gejala esofagitis, yang mana jika and mengalaminya, anda dapat langsung memeriksakan ke Dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah betul gejala yang anda alama adalah termasuk esfofagitis atau bukan.

Tanda dan gejala yang akan timbul pada esofagitis adalah, kesulitan untuk menelan yang berat, keracunan, demam, dan kemungkinan perforasi esfagus disertai infeksi mediastinum dan kematian.

Tetapi pada umumnya ada gejala – gejala lain yang dapat timbut seperti, mual dan muntah, nyeri pada ulu hati, anda akan sangat sulit menelan, merasakan nyeri di dada, merasa ada makanan yang tersangkut pada kerongkongan anda, sariawan, asam lambung akan terasa naik hingga kerongkongan, penurunan nafsu makan, dan batuk secara berlebihan.

Untuk sedikit mengamati gejala – gejala yang sudah disebutkan diatas, lebih detail nya anda dapat merasakan apakah anda mengalami kesulitan atau merasa sakit ketika anda sedang menelan, jika esofagus sudah meradang atau teriritasi, maka jalannya makanan dari esofagus ke perut akan meningkatkan rasa sakit sekali,  terkadang esofagus meradang cukup parah sehingga anda akan sulit sekali menelan karena hanya ada sedikit ruang di kerongkongan yang dapat dilalui makanan.

Selanjutnya ketika anda mengalami asam naik dari lambung ke esofagus hingga ke pita suara, tenggorokan juga akan sakit dan suara menjadi serak, gejala – gejala ini memang sangat umum ditemukan dalam penyakit refluks gastroesofagus akan tetapi jika ada kaitannya dengan esofagitis, biasanya anda juga akan merasakan kesulitan atau sakit dalam menelan.

Anda juga harus sering memperhatikan apakah anda sering merasakan nyeri pada ulu hati, nyeri pada ulu hati adalah gejala umum esofagitis bila ada kaitannya dengan refluks, karena ketika asam naik dari perut dan masuk ke esofagus, akan muncul sensasi terbakar dikarenakan sel – sel esofagus tidak dirancang untuk bertahan di dalam lingkungan asam.

Selain gejala – gejala umum, anda juga harus menyadari tanda-tanda esofagitis eosinofilik atau lebih tepatnya alergi yang dipicu esofagitis.

Jika anda saat ini mengalami esofagitis eosinofilik, itu disebabkan karena ada penumpukan sel – sel darah putih yang disebusat eosinofil dalam esofagus dan perut anda, sel-sel darah putih ini akan memproduksi protein yang menyebabkan peradangan dalam kerongkongan dan menyebabkan jaringan parut, selanjutnya akan terjadi penyempitan, dan pembentukan fibrosis jaringan dalam lapisan esofagus.

Untuk respons alergi ini juga akan memicu sakit perut dan mual dan/atau muntah dan konsisi ini dapat terjadi pada hampir semua usia, tetapi lebih umum dialami olehh pria.
Selanjutnya akibat dari peradangan tersebut, anda mungkin akan sulit menelan makanan, penyempitan esofagus yang terjadi kadang sangat parah sehingga makanan tidak bisa lewat dan akan berdampak negatif, kondisi inilah yang disebut kondisi darurat medis dan anda sangat membutuhkan perhatian ahli bedah segera.
Sebelum anda mengalami gejala – gejala umum, sebaiknya anda dapat mengubah sedikit pola hidup anda, dengan mengurangi rokok, alkohol, kafein, karena faktor itulah yang dapat menyebabkan asam lambung naik dan dapat mengakibatkan esofagitis.

Mulailah berolah raga secara teratur agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal, makan makanan sehat dan menghindari tidur setelah makan tanpa jeda sekitar 30 menit.

Sumber artikel : honestdocs

1 comment:

  1. terimakasih bosku sangat berguna bagi nusa dan bangsa setanah air tanah indonesia
    poker online terpercaya 2020 tetap berjaya gan, salam merdeka!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.